Menonton Super Junior….Akhirnya!

Salah satu momen terbaik yang saya alami di tahun 2011 adalah melihat penampilan Super Junior secara langsung di panggung Mnet Most Amazing 2011 (MOA) di Kuala Lumpur. Saya sebenarnya tidak secara khusus terbang ke sana untuk konser itu. Kebetulan sekali saya dan adik memang berniat untuk ke Malaysia di tanggal itu. Bahkan tiket pesawat pun sudah ada di tangan sejak awal tahun. Apa ini takdir?

Info tentang konsernya baru saya tahu di bulan Oktober dan saya sangat bersemangat mendengarnya. Pemanasan sebelum Super Show 4, pikir saya. Asyiknya, adik saya juga setuju untuk menonton MOA alih-alih pergi ke Penang. Saat tiket pertama kali dijual, hari itu juga kami membelinya. Kami pilih area festival Special Zone seharga RM 283 dengan pertimbangan akan dekat dengan panggung.

Tidak enaknya menjadi penonton dari luar negeri adalah tidak bisa ikut kuis/kontes yang diadakan penyelenggara yang hadiahnya tiket gratis, merchandise bertanda tangan dan bahkan kesempatan meet and greet. Tapi yang paling membuat nyesek adalah ketika tahu penyelenggara memberi diskon sebesar 30-50% beberapa hari menjelang konser. Alasannya? Agar tempat konser terisi penuh. Huh!

Di hari H, saya sungguh bersemangat. Kami datang ke MBPJ Stadium di daerah Petaling Jaya jam 3 sore. Daerah ini bisa dibilang suburban-nya Kuala Lumpur karena terletak di pinggir. Untuk berhemat, kami naik kereta LRT sampai ke Stasiun Kelana Jaya disambung bis sampai depan stadium. Untunglah, info tentang moda transportasi yang murah ini juga ada di facebook-nya penyelenggara.

Ini adalah kali pertama saya menonton K-pop dan ternyata di luar ekspektasi saya. Semua artis bernyanyi dengan suara yang bagus dan kuat. Tariannya sama bagusnya seperti di MV atau acara musik Korea. Bahkan kostumnya pun juga begitu. Saya mendapat kesan bahwa mereka benar-benar niat tampil. Ini membuat saya tidak merasa rugi jauh-jauh datang untuk menonton.

Tata suaranya sangat bagus. Jernih, keras dan jelas ke seantero stadium meski sempat diguyur hujan sebelum konser mulai. Latar belakang panggungnya menayangkan video yang memperkenalkan para artis. Pastinya, sambutan paling meriah terdengar ketika video SJ ditampilkan.

Saat hari mulai gelap, stadium berubah menjadi lautan biru safir. Di tribun kanan dan kiri, VIP dan juga festival. Saya sampai merinding dan ingin cepat-cepat Super Show 4. Sebenarnya dari Special Zone, saya tidak terlalu jelas melihat para artis. Tapi dua layar besar di kiri dan kanan panggung sungguh membantu, terutama saat wajah mereka di-close up.

Super Junior menjadi bintang utama malam itu. Mereka tampil terakhir dan menyanyikan 8 lagu. Artis lainnya adalah Miss A, f(x) dan B1A4 yang masing-masing menampilkan 5 lagu.

Ketika SJ tampil, saya susah berhenti teriak. Benar-benar tidak percaya bisa melihat mereka langsung dengan mata kepala sendiri meski dari kejauhan. Seperti mimpi yang nyata. Yang paling seru adalah fan chant. Nah, ini yang membuat ketagihan untuk menonton konser. Saya juga perhatikan gerak-gerik mereka selama konser dan berkesimpulan bahwa yang saya lihat melalui rekaman di internet memang benar adanya. Mereka bernyanyi secara live dan yang membuat saya yakin tentang hal ini adalah saat suara Kyuhyun terdengar sedikit bergetar di satu bagian sebuah lagu (saya lupa judulnya), tidak penuh seperti di rekaman. Yesung terlihat sangat charming menyanyikan ‘It Has To Be You’ secara solo dan Siwon memang gampang banjir keringat. Hehehe. Momen SJ yang paling teringat? Pastinya saat perkenalan. Yesung berseru apa kabar tiga kali dengan aksen yang lucu, Leeteuk bilang assalamu’alaikum berkali-kali dan Donghae memperkenalkan dirinya dengan bahasa Melayu.

What a night!

Di antara hal-hal keren tadi, menurut saya masih ada yang bisa disiapkan lebih baik lagi. Saya berharap tempat konsernya indoor jadi tidak ada yang kehujanan dan semua penonton dari semua zona tiket bisa melihat penampilan artis dengan lebih jelas. Pembatas antar zona nontribun lebih dari sekedar lakban atau tali rafia. Tampaknya memang tidak ada penonton yang sengaja masuk ke zona lain tapi akan lebih terlihat profesional jika pembatasnya adalah pagar/barikade. Lalu tidak ada petunjuk arah menuju pintu zona kita sehingga yang baru pertama kali ke MBPJ Stadium akan agak bingung. Untung kami bertemu panitia yang kebetulan lewat dan bisa ditanya. Ada lagi yang ‘aneh’ menurut saya, kursi plastik untuk penonton VIP. Dengan harga tiket yang mahal, seharusnya mereka bisa dapat tempat duduk yang lebih nyaman.

Leave a Reply

